Coretan Martina

"Bercerita dan berpuisi suka-suka...."

INTERMEZO

Bentar lagi ada pemilihan ketua OSIS di sekolahku. Kabarnya sih kandidatnya ada tiga orang. Semuanya punya trik masing2 untuk menaklukkan hati seluruh penghuni sekolah guna memilihnya.

Kandidat pertama adalah R.A. Dewi Pertiwi Notosusanti Suhartowati anak IPS kelas 2. Kabarnya bapaknya tajir pisan and masih keturunan bangsawan (berdarah biru ngono loh...). Meskipun di kelas nggak pernah masuk sepuluh besar dianya pede aja lagi mencalonkan diri. Toh bapaknya bekas kepala sekolah dan penyumbang terbesar di sekolah ini. Sapa tau dengan membawa-bawa nama bapaknya dalam pidato pemilihan nanti banyak murid "diingatkan" betapa besar dan pentingnya arti bapaknya untuk sekolah ini.

Kandidat kedua adalah Si BeJo. Anak kelas 2 IPA yang otaknya encer. Biarpun berasal dari ndeso tapi banyak teman. Pertama karena keenceran otaknya. Kedua karena biarpun ndeso orangnya gaul men. Semua orang disapa ramah dan tidak pernah pelit membagikan kepintarannya. Yang menjagokan Bejo dah pasti teman2 satu kelasnya. Bejo's Fans....

Kandidat ketiga adalah si Jono Krempang. Anak kelas 2 IPS lain kelas dgn kandidat pertama. Yang ini berotak encer juga, tapi agak bermental mafia. Semua mua diitung berdasarkan untung rugi. Yang jelas ia menganut pepatah Time is money. Jadi apapun jadilah....yang penting menghasilkan uang. Ini banyak juga suporternya. Terutama tentu saja mereka2 yg biasa dapat cipratan dari bisnis kecil-kecilan laki2 muda ini.

Sebagai wartawan sekolah kelas teri aku tertarik dan terpanggil untuk melakukan wawancara dengan mereka sebelum berlaga di medan pertempuran. Pemilihan Ketua OSIS adalah event yang bergengsi di sekolah ini. Ini bukan masalah mau tak mau untuk mencalonkan diri, tapi masalah bisa atau tak bisa mimpin organisasi pelajar di sekolah ini. Nah, ini adalah sebagian hasil wawancara yang sudah diedit-edit dan disimpul2kan sendiri.....dan kubocorkan untuk kalian yang mau milih salah satu dari ketiga kandidat ini.

Aku : Jadi apa yang akan mbak atau mas2 lakukan jika terpilih menjadi ketua OSIS tahun ajaran ini?

Mbak Dewi : Begini. Kalo saya terpilih nanti, ndak usah kuatir...semua pasti akan saya gratisken. Pinjem buku di perpus gratis....pinjem aula untuk kegiatan sekolah gratis....pinjem apa saja di sekolah ini gratis....pinjem duitpun kalo saya punya kan saya kasih....asalkan ya gitu...jgn lupa bayar.....(sambil tersenyum maniiiiisss sekali kayak gula kacang...).

Aku : (garuk2 pala mode on)....loh bukannya semua emang dah gratis tuh???

Mbak Dewi : Iya....tapi kalo saya terpilih pasti ada gratis plus2nya lah...maksutnya semua fasilitas akan ditambahlah.....yang jelas akan menguntungkan murid2 yang tidak mampu....! LAgipula Bapak saya kan bekas KepSek di sini...pasti taulah apa yang dibutuhkan oleh mereka.

Mas BeJo : Wah, kalau saya sih yang rasional sajalah...! Akan saya bentuk tim belajar di tiap-tiap kelas dengan tutor yang berkompeten di bidangnya, yg diambil dari murid2 itu sendiri. Dengan demikian murid yg emang otaknya dari sononya sudah dodol bisa diperbaiki setahap demi setahap. Ingat....sekarang ini jamannya Ujian Nasional. Jika nggak di latih mulai sekarang bisa2 ndak lulus semua murid di sekolah kita ini.....!

Aku : Bagus juga idenya mas....(soalnya aku termasuk murid dgn kapasitas otak pas2an hehehehe...) )

Mas Jono : Pada dasarnya saya setuju dengan si BeJo. Hanya saja kita perlu memperhitungkan berapa rupiah yang akan kita hasilkan dgn sistem tersebut. Harus dihitung berapa modal yang kita keluarkan dan berapa kira2 keuntungan yg akan didapatkan. Semua harus diatur secara sistematis dan menghasilkan (dgn expresi bersemangat dan berapi-api).

Aku : (manggut2 sok ngerti dan paham).

Nah teman2, itulah sekilas bocoran yang bisa kubagikan tuk kalian. Semoga kalian bisa memilih dengan sebaik-baiknya. Kalau bisa sih manfaatin aja semua.....(abis...semua menguntungkan..he..he..he..)

Kalau aku sih....ini rahasia ya (bisik2 mode on) ....dah pasti aku milih si BeJo. Selain dia satu kampung sama aku....selama ini dia yang ngajarin aku bikin PeEr kalo otakku lagi tersumbat...! Dia yg mengajarkan aku untuk berani berdebat dan melamarkan diri jadi wartawan sekolah.....! Jadi ya piye ya.....dengan sukarela aku milih dia deh....! Bravo BeJo....!

0 komentar: